PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

HERNANDA, CATUR WACHYU (2021) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
Cover Catur Wachyu Hernanda_1706010015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I Wachyu Hernanda_1706010015-2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II Catur Wachyu Hernanda_1706010015-3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab III Catur Wachyu Hernanda_1706010015-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV Catur Wachyu Hernanda_1706010015-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Bab V Catur Wachyu Hernanda_1706010015-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Catur Wachyu Hernanda_1706010015-8.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran Catur Wachyu Hernanda_1706010015-9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Adanya pandemi. Coronavirus Disease (Covid-19) seperti yang tengah terjadi, mengakibatkan sebagian pergerakan aktivitas barns dibatasi, salab satunya ialah pada bidang pendidikan, pembetajaran yang pada awalnya dilakukan secara face to face, sekarang harus dilakukan secara jarak jauh, adapun penggunaan e­-learning merupakan salah satu solusi agar guru dan siswa dapat berinteraksi sesuai dengan perannya masing-masing tanpa harus bertatap muka, bahkan melalui e-learning, penjelasan materi dapat disajikan dengan lebih baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana penggunaan serta apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran fikih di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penetitian yang diarahkan untuk memberikan geja1a-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat, mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Adapun tek:nik pengumpuJan data melalui wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. sedangkan analisis data pada penelitian ini yaitu dengan proses redukasi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran fikih di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Purwokerto memanfaatkan media e­-learning sebagai sarana penyampaian materi yang dilakukan secara jarak jauh, daJam pelaksanaannya, guru menyampaikan materi berupa teks maupun video melalui Whatsapp dan Google Classroom sedangkan dalam evaluasi pembelajaran fikih dilakukan dengan cara memberikan soal kepada siswa melalui Google form. Walaupun dalam kuisioner siswa memilih setuju dapat memahami penjelasan materi fikih meJalui e-learning sebanyak 58,1%, tetapi dengan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh mengakibatkan proses evaluasi tidak berjalan maksimal. Hal ini terbukti tingkat kesempatan siswa mencontek sangat mudah untuk dilakukan, sekitar 10,3% siswa sangat setuju untuk leluasa mencontek, 28,1% setuju, ragu-ragu 22,7%, tidak setuju 28,1% dan 10,8% sangat tidak setuju. Adapun faktor pendukung dalam penggunaan e-learning yaitu penguasaan IT yang harus dimiliki oleh setiap guru, dalam hal ini sekolah berusaha untuk meningkatkan kualitas rnasing-masing guru dengan mengadakan program In House Training, workshop dan pelatihan terkait media pembelajaran online. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran fikih diantaraya yaitu, sinyal internet dan keadaan ekonomi orang tua yang sulit untuk memfasilitasi anak dlJam pembelajaran jarak jauh

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Agus Imam
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:44
Last Modified: 27 Jul 2022 03:00
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/12935

Actions (login required)

View Item View Item