PRAMESTIKO, YUDITA (2020) ANALISIS PENERAPAN SKS (SISTEM KREDIT SEMESTER) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI MIPA 3 DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
YUDITA PRAMESTIKO_Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
YUDITA PRAMESTIKO_BAB 1.pdf Download (859kB) |
![]() |
Text
YUDITA PRAMESTIKO_BAB 2.pdf Download (936kB) |
![]() |
Text
YUDITA PRAMESTIKO_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) |
![]() |
Text
YUDITA PRAMESTIKO_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
YUDITA PRAMESTIKO_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
![]() |
Text
YUDITA PRAMESTIKO_Daftar Pustaka.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
YUDITA PRAMESTIKO_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan Sistem Kredit Semester pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI MIPA 3 dan juga untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa dengan menggunakan sistem kredit semester di SMA Negeri 3 Purwokerto.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam kelas XI MIPA 3 dan siswa kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 3 Purwokerto yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode wawancara yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai penerapan Sistem Kredit Sememster , metode dokumentasi digunakan untuk memperkuat data mengenai kualitas hasil belajar dan kuisioner untuk memperoleh data kualitas hasil belajar ranah afektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan program Sistem Kredit Semester dinilai sangat efektif sebagai langkah inovatif untuk meningkatkan layanan pembelajaran yang maksimal dan efisien. Penerapan program Sistem Kredit Semester terbukti mampu memfasilitasi kecerdasan peserta didik ditas rata-rata sehingga peserta didik mampu mengembangkan kecerdasannya secara maksimal. hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bab penyelenggaraan jenazah memperoleh nilai rata-rata dalam satu kelas yaitu 97,43. Hal ini menjadi bukti bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan program Sistem Kredit Semester sangat berhasil karena perolehan nilai yang peserta didik dapatkan jauh melampaui batas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan yaitu 85.
Dosen Pembimbing: | DARODJAT, DARODJAT | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program, Sistem Kredit Semester, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:52 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 02:21 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/12834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |