NURYANTI, DYAH PRATIWI (2020) NILAI-NILAI HUMANIS DARI TOKOH KARAKTER WAYANG SEMAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Cover DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf] Text
Cover DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf] Text
Bab I DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of Bab II DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf] Text
Bab II DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of Bab III DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf] Text
Bab III DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[thumbnail of Bab IV DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf] Text
Bab IV DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[thumbnail of Bab V DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf] Text
Bab V DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[thumbnail of Dapus DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf] Text
Dapus DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of Lampiran DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf] Text
Lampiran DYAH PRATIWI NURYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai- nilai humanis dari tokoh karakter wayang Semar dalam perspektif Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (studi pustaka) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi dan metde analisis data yang dipergunakan adalah content analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai humanis yang terkadung dari tokoh karakter Wayang Semar yaitu: 1). Nilai Keikhlasan menurut istilah syari’ah (Islam) makna Ikhlas adalah mengerjakan ibadah atau kebajikan karena Allah semata-mata dan mengharapkan keridhoan-Nya, 2).Nilai Toleransi dapat dilihat dari Islam sendiri mengenal toleransi dengan kata Tasamuh yaitu sikap membolehkan ketidak sepakatan dan tidak menolak pendapat/sikap yang berbeda dengan orang lain, 3).Nilai Kebebasan atau Demokrasi dilihat dari bagaimana sikap kebebasan keterbukaan anatara pimpinan dan rakyat memunculkan kondisi yang demokratis berpolitik dan hak untuk memilih pemimpin dalam Islam, 4). Nilai Kejujuran atau ( صدق siddiq) tercermin dari perilaku menegakkan dan mempertahankan kebenaran, 5). Nilai Persaudaraan dapat dilihat kewajiban setiap manusia adalah menjalin persaudaraan atau Ukhuwah Islamiyah antar sesama manusia, 6) Nilai Kebiijaksanaan tercermin dalam Islam dari sikap yang dapat mengendalikan diri dengan benar dan dapat menempatkan segala sesuatu pada tempatnya. Dan dalam perspektif pendidikan agama Islam nilai – nilai humanis dapat ditanamkan dengan baik apabila pendidik atau guru dapat berperan dan membentuk karakter- karakter peserta didik agar menjadi manusia yang berakidah dan berakhlak mulia.

Dosen Pembimbing: Surya, Mintaraga Eman | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Nilai – Nilai Humanis, Tokoh Karakter Wayang Semar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Agus Imam
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:12
Last Modified: 26 Nov 2024 06:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/12815

Actions (login required)

View Item View Item