KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK MENURUT PERSPEKTIF IBNU KHALDUN

ARIANTO, DANI (2020) KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK MENURUT PERSPEKTIF IBNU KHALDUN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
Cover DANI ARIANTO.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I DANI ARIANTO.pdf

Download (661kB)
[img] Text
Bab II DANI ARIANTO.pdf

Download (684kB)
[img] Text
Bab III DANI ARIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
Bab IV DANI ARIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
Bab V DANI ARIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
Dapus DANI ARIANTO.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Lampiran DANI ARIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bagaimana konsep pendidikan humanistik yang mencakup pengertian, tujuan, metode, sikap pengajar, materi dan kurikulum menurut perspektif Ibnu Khaldun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas, yaitu berpedoman dari Buku Ibnu Khaldun yang berjudul Muqadimmah karya Ibnu Khaldun terjemahan Ahmadie Thaha sebagai referensi primer dan buku-buku lain yang mendukung sebagai referensi sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan buku-buku, jurnal dan hasil penelitian lainnya. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik content analysis. Adapun dalam pembahasannya penulis menggunakan metode induktif dan deduktif Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) konsep pendidikan humanistik adalah pendidikan yang menjunjung tinggi nilai yang melekat pada setiap manusia yang sudah ada sejak lahir (fitrah). 2) Tujuan pendidikan humanistik yang digagas oleh Ibnu Khaldun yaitu pendidikan humanistik yang bertujuan untuk menyiapkan seseorang dari segi pemikiran, ketrampilan, kemasyarakatan, sosial vokasional atau pekerjaan dan menyiapkan seseorang dari segi keagamaan. 3) Sikap pengajar yang humanistik menurut perspektif ibnu khaldun adalan pengajar yang bersikap dan berperilaku penuh kasih sayang kepada peserta didiknya. 4) Kurikulum ilmu pendidikan humanistik menurut Ibnu Khaldun yaitu materi yang menujukan keseimbangan dengan ilmu syari‟at (agama) terlebih dahulu dan kemudian ilmu aqliyah (filsafat). 5) Metode pembelajaran yang humanistik yaitu cara guru memberikan kebebasan kepada siswa dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan prinsip kemanusiaan dengan memberikan pembelajaranya secara bertahap dan dilakukan pengulangan agar anak dapat lebih memahami yang telah disampaikan, studi lapangan, tidak memberikan presentasi yang rumit kepada anak yang baru belajar permulaan, tidak mencampurkan antara dua ilmu pengetahuan dalam satu waktu, mengajarkan al-qur‟an kepada anak kecuali setelah sampai pada tingkat kemampuan berfikir tertentu, serta menghindari dari mengajarkan ilmu dengan ikhtisarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humanistik, Ibnu Khaldun
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Agus Imam
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:55
Last Modified: 19 Jul 2022 07:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/12690

Actions (login required)

View Item View Item