HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN OPTIMISME PADA IBU KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

AGUSTINA, MEDYA WULAN (2019) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN OPTIMISME PADA IBU KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img] Text
MEDYA WULAN AGUSTINA COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MEDYA WULAN AGUSTINA BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MEDYA WULAN AGUSTINA BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MEDYA WULAN AGUSTINA BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
MEDYA WULAN AGUSTINA BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
MEDYA WULAN AGUSTINA BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text
MEDYA WULAN AGUSTINA DAPUS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MEDYA WULAN AGUSTINA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan optimisme pada ibu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala dukungan sosial dan skala optimisme. Populasi penelitian sejumlah 530 orang, yang hasilnya sejumlah 226 sampel. Uji Validitas meliputi content validity yaitu menggunakan product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa skala dukungan sosial memiliki skor validitas bergerak dari 0,363 sampai 0,589 dengan 41 butir aitem yang valid dan mendapatkan reliabilitas sebesar 0,864. Pada skala optimisme memiliki skor validitas bergerak dari 0,363 sampai 0,589 dengan 40 butir aitem yang valid dan mendapatkan reliabilitas sebesar 0,834. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan optimisme pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas dengan nilai koefisien r = 0,318 dengan p = 0,000 ( p < 0,01 ). Rsquare = 0,101. Nilai tersebut mengandung arti bahwa dukungan sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 10,1% terhadap optimisme. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa dengan mendapatkan dukungan sosial akan meningkatkan optimisme dalam menghadapi masalah sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial; Optimisme; Program Keluarga Harapan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi S1
Depositing User: Catur Indra H.
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:26
Last Modified: 15 May 2024 02:58
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item View Item