Syarifudin, Ahmad (2020) Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Purbalingga Tahun Ajaran 2019 / 2020. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Cover AHMAD SYARIFUDIN.pdf] Text
Cover AHMAD SYARIFUDIN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I AHMAD SYARIFUDIN.pdf] Text
Bab I AHMAD SYARIFUDIN.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of Bab II AHMAD SYARIFUDIN.pdf] Text
Bab II AHMAD SYARIFUDIN.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of Bab III AHMAD SYARIFUDIN.pdf] Text
Bab III AHMAD SYARIFUDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[thumbnail of Bab IV AHMAD SYARIFUDIN.pdf] Text
Bab IV AHMAD SYARIFUDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[thumbnail of Bab V AHMAD SYARIFUDIN.pdf] Text
Bab V AHMAD SYARIFUDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[thumbnail of Dapus AHMAD SYARIFUDIN.pdf] Text
Dapus AHMAD SYARIFUDIN.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of Lampiran AHMAD SYARIFUDIN.pdf] Text
Lampiran AHMAD SYARIFUDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Purbalingga.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata - kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang bisa diamati. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Dengan langkah analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen kurikulum Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Purbalingga berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui tahap sebagai berikut : (1) perencanaan, kurikulum direncanakan pada saat rapat kerja setiap awal semester, (2) pengorganisasian, dilakukan dengan cara mengatur atau menata unsur manusia dengam pembagian kegiatan secara merata sesuai dengan tugas dan fungsinya. (3) pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan sudah sesuai dengan program pembelajaran yang telah dirancang sejak awal, walaupun masih ada kendala dari fasilitas yang masih kurang, (4) evaluasi, kegiatan evaluasi ini mencangkup empat segi yaitu segi kurikulum, segi guru segi sarana prasarana dan segi siswa hal tersebut menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang ada di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Purbalingga sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari output yang dihasilkan melalui kegiatan manajemen kurikulum baik dari pihak madrasah, guru, maupun siswanya. Dari pihak madrasah dilihat dari keteraturan dan ketertiban administrasi sekolah, pihak guru dilihat dari peningkatan kinerja guru dan pihak siswa dilihat dari prestasi akademik maupun non akademik yang diperoleh.

Dosen Pembimbing: Sulaeman, A | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kualitas Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Agus Imam
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:17
Last Modified: 20 Mar 2025 01:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/12498

Actions (login required)

View Item View Item