AFIFAH, ULFA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERISTIWA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD N 1 LIMBANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
ULFA AFIFAH_Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ULFA AFIFAH_BAB 1.pdf Download (838kB) |
![]() |
Text
ULFA AFIFAH_BAB 2.pdf Download (887kB) |
![]() |
Text
ULFA AFIFAH_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) |
![]() |
Text
ULFA AFIFAH_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
ULFA AFIFAH_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
![]() |
Text
ULFA AFIFAH_Daftar Pustaka.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
ULFA AFIFAH_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya ketrampilan berpikir kritis dan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD N 1 Limbangan, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang dilaksanakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian observasi guru dan siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan lembar evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA karena siswa pada saat pembelajaran dilatih untuk mencari permasalahan, mencari informasi untuk mengatasi permasalahan secara mandiri sehingga siswa mampu untuk memecahkan permasalahan dunia nyata sesuai dengan tahap-tahapan model Problem Based Learning. Adanya penguasaaan materi yang dimiliki oleh siswa dalam memahami materi, maka hasil belajar yang diperoleh siswa juga maksimal. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor nilai ketrampilan berpikir kritis pada siklus I dengan rata-rata 64,6 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,81 dengan kriteria baik. Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 64,20 dengan presentase 60,52% tergolong dalam kriteria cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 71,71 dengan presentase 76,81% dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam di kelas V SD N 1 Limbangan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis, IPA, Model Problem Based Learning, Prestasi Belajar IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 06:41 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 06:41 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/12453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |