PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KOMPETENSI DASAR SIKAP POSITIF TERHADAP PELAKSANAAN DEMOKRASI KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO

NUGROHO, RETNO ADI (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KOMPETENSI DASAR SIKAP POSITIF TERHADAP PELAKSANAAN DEMOKRASI KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Retno Adi Nugroho_JUDUL.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Retno Adi Nugroho_BAB I.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Retno Adi Nugroho_BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
Retno Adi Nugroho_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img] Text
Retno Adi Nugroho_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
Retno Adi Nugroho_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img]
Preview
Text
Retno Adi Nugroho_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Picture And Picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto yang berjumlah 29 siswa. Metode dalam pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktifitas siswa dan guru (observasi), tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis presentase.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture And Picture dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto melalui 2 siklus dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Data pra siklus yang tuntas hanya 5 siswa atau 17,24% dari seluruh siswa kelas VIII B dari 29 siswa. Dan Pada siklus I siswa yang tuntas 14 siswa atau 48,27% dari seluruh Siswa kelas VIII B dari 29 siswa. Jadi prestasi dari pra siklus ke siklus I siswa yang tuntas bertambah 9 siswa atau 31,03% kelas VIII B dari 29 siswa. pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa atau 79,39% siswa yang tuntas atau naik 31,03% dari 29 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu menggunakan model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran PKN kompetensi dasar sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. DR. H. Tukiran Taniredja, M.M. dan Efi Miftah Faridli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Picture and Picture
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 04 Apr 2017 01:58
Last Modified: 04 Apr 2017 01:58
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item