EFEKTIVITAS EXPRESSIVE WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI PADA PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

Dewi, Larasita (2019) EFEKTIVITAS EXPRESSIVE WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI PADA PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
Larasita Dewi Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Larasita Dewi BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Larasita Dewi BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Larasita Dewi BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Larasita Dewi BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Larasita Dewi BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
Larasita Dewi Dapus.pdf

Download (953kB)
[img] Text
Larasita Dewi Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji efektifitas expressive writing untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah expressive writing efektif meningkatkan kemampuan mengelola emosi. Penelitian ini menggunakan kuasi experimen dengan design one group pretest and postest dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala kemampuan mengelola emosi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Uji Wilcoxon Signed Rank. Dalam penelitian ini pengukuran reliabilitas diukur dengan menggunakan alpha cornbach dengan hasil reliabilitas kemampuan mengelola emosi α = 0,745. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: expressive writing efektif meningkatkan kemampuan mengelola emosi dibuktikan dengan taraf signifikansi 0.009 (p<0.05) pada kelompok eksperimen yang berarti terdapat perbedaan kemampuan mengelola emosi setelah diberikan expressive writing. Sedangkan pada kelompok kontrol dengan taraf signifikansi 0,313 (p>0,05) yang menunjukkan tidak terdapat perbedaan tanpa pemberian expressive writing. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan expressive writing dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Expressive Writing, Kemampuan Mengelola Emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi S1
Depositing User: Catur Indra H.
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:01
Last Modified: 18 Jul 2022 07:41
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item View Item