NURJANAH, ALIEN (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VIII D MTS MUHAMMADIYAH 6 AL-FURQON SINGAPARNA TASIKMALAYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of ALIEN NURJANAH_Cover.pdf] Text
ALIEN NURJANAH_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ALIEN NURJANAH_BAB 1.pdf] Text
ALIEN NURJANAH_BAB 1.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of ALIEN NURJANAH_BAB 2.pdf] Text
ALIEN NURJANAH_BAB 2.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of ALIEN NURJANAH_BAB 3.pdf] Text
ALIEN NURJANAH_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[thumbnail of ALIEN NURJANAH_BAB 4.pdf] Text
ALIEN NURJANAH_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[thumbnail of ALIEN NURJANAH_BAB 5.pdf] Text
ALIEN NURJANAH_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of ALIEN NURJANAH_Daftar Pustaka.pdf] Text
ALIEN NURJANAH_Daftar Pustaka.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of ALIEN NURJANAH_Lampiran.pdf] Text
ALIEN NURJANAH_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Penerapan Metode Mind Map Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII D MTs Muhammadiyah 6 Al-Furqon Singaparna Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII D MTs Muhammadiyah 6 Al-Furqon yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus product moment dan penghitungannya menggunakan program SPSS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode mind map dengan aktivitas belajar siswa mata pelajaran SKI kelas VIII D MTs Muhammadiyah 6 Al-Furqon. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi menggunakan program SPSS ver.21 dengan perolehan r hitung product moment sebesar 0,951 dan taraf signifikan sebesar 0,000. Nilai rtabel dari df = N-nf = 31-2 = 29 dengan taraf signifikan 5% adalah 0,367. Oleh karena itu maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima karena r hitung > r tabel yaitu 0,975 > 0,367 untuk taraf signifikan 5%. Menurut pedoman atau interpretasi, nilai r hitung sebesar 0,951 terdapat di antara 0,80 s.d 1,00 yang berarti tingkat hubungannya tegolong sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penerapan Metode Mind Map Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII D MTs Muhammadiyah 6 Al-Furqon Singaparna Tasikmalaya.

Dosen Pembimbing: DARODJAT, DARODJAT | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Map, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:48
Last Modified: 26 Nov 2024 01:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/12193

Actions (login required)

View Item View Item