PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK MATEMATIKA PADA PENGAYAAN MATERI STATISTIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL DI KELAS IV SD NEGERI SOKARAJA LOR

AZIZAH, SALMA HAYA (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK MATEMATIKA PADA PENGAYAAN MATERI STATISTIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL DI KELAS IV SD NEGERI SOKARAJA LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
SALMA HAYA AZIZAH COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SALMA HAYA AZIZAH BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SALMA HAYA AZIZAH BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SALMA HAYA AZIZAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SALMA HAYA AZIZAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SALMA HAYA AZIZAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
SALMA HAYA AZIZAH DAPUS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SALMA HAYA AZIZAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik perlu berlatih untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui kegiatan pengayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengembangan LKPD matematika pada pengayaan materi statistika berbasis higher order thinking skill; 2) penilaian para ahli terhadap LKPD matematika pada pengayaan materi statistika berbasis higher order thinking skill; 3) respon peserta didik terhadap LKPD matematika pada pengayaan materi statistika berbasis higher order thinking skill; 4) respon guru terhadap LKPD matematika pada pengayaan materi statistika berbasis higher order thinking skill; 5) penerapan LKPD matematika pada pengayaan materi statistika berbasis higher order thinking skill. Penelitian dilakukan di kelas IV SD Negeri Sokaraja Lor menggunakan metode penelitian Research and Development 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Developm (pengembangan), Disseminate (pendiseminasian). Pengujian produk pada penelitian ini menggunakan Lesson Study dengan tiga tahapan yaitu Plan (perencanaan), Do (pelaksanaan), See (Refleksi). Rata-rata skor penilaian ahli sebesar 3,80 dengan kategori valid. Rata-rata skor respon peserta didik sebesar 4,32 dengan kategori sangat baik. Angket respon guru terhadap LKPD matematika memperoleh hasil sebesar 3,85 dengan kriteria baik., sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengayaan dengan menggunakan LKPD matematika pada pengayaan materi statistika berbasis higher order thinking skill sangat membantu dalam melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Matematika, Pengayaan, Higher Order Thinking Skill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:12
Last Modified: 23 Jun 2022 04:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/12144

Actions (login required)

View Item View Item