ASY ARY, RIZKI AJI AFIF (2019) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER TEKS CERITA DALAM BUKU TEKS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IV SD N 1 KARANGDUREN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
RIZKI AJI AFIF ASY ARY COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
RIZKI AJI AFIF ASY ARY BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
RIZKI AJI AFIF ASY ARY BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
RIZKI AJI AFIF ASY ARY BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
RIZKI AJI AFIF ASY ARY BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
RIZKI AJI AFIF ASY ARY BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) |
![]() |
Text
RIZKI AJI AFIF ASY ARY DAPUS.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
RIZKI AJI AFIF ASY ARY LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Pendidikan karakter saat ini merupakan topik yang banyak dibicarakan
dikalangan pendidik. Pendidikan karakter diyakini sebagai aspek penting dalam
peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) karena turut menentukan
kemajuan suatu bangsa. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV materi tema 9
kayanya negeriku, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian nilai
karakter KI 1 dan KI 2 yang terkandung dalam empat teks cerita yang ada pada
materi tema 9 kayanya negeriku pada kelas IV dan implementasi nilai karakter dalam
pembelajaran ke empat teks cerita kepada siswa. Jenis penelitian ini bersifat
deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah SD N 1 Karangduren, Sokaraja,
Banyumas dengan pelaksanaan penelitian pada 5 April 2019, 17 April 2019, 26 April
2019 dan 30 April 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang
terdapat pada ke empat teks cerita yang diteliti sesuai dengan KI 1 dan KI 2 yaitu
nilai karakter religius, percaya diri, peduli, dan tanggung jawab yang demikian juga
terdapat pada kompetensi yang dikembangkan dalam buku teks tema 9 kayanya
negeriku pada kelas IV dan pada implementasi nilai karakter religious, percaya diri,
peduli, dan tanggung jawab,dalam pembelajaran sudah ada saat proses pembelajaran
dilakukan dengan menggunakan empat teks cerita dari kegiatan pendahuluan,
kagiatan inti dan kegiatan penutup.
Dosen Pembimbing: | Ernawati, Asih and Nugroho, Agung | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Teks Cerita, Nilai Karakter, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:02 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:44 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/12143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |