PRABOWO, SUBEHAN (2020) EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MIT APP INVENTOR KELAS X SMA NEGERI PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of SUBEHAN PRABOWO_Cover.pdf] Text
SUBEHAN PRABOWO_Cover.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of SUBEHAN PRABOWO_BAB 1.pdf] Text
SUBEHAN PRABOWO_BAB 1.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of SUBEHAN PRABOWO_BAB 2.pdf] Text
SUBEHAN PRABOWO_BAB 2.pdf

Download (934kB)
[thumbnail of SUBEHAN PRABOWO_BAB 3.pdf] Text
SUBEHAN PRABOWO_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[thumbnail of SUBEHAN PRABOWO_BAB 4.pdf] Text
SUBEHAN PRABOWO_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[thumbnail of SUBEHAN PRABOWO_BAB 5.pdf] Text
SUBEHAN PRABOWO_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[thumbnail of SUBEHAN PRABOWO_Daftar Pustaka.pdf] Text
SUBEHAN PRABOWO_Daftar Pustaka.pdf

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development berdasarkan pada tahap pengembangan dari Sugiyono (2012:409). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis android melalui MIT App Inventor pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (bab haji), (2) mengetahui kelayakan produk berupa media pembelajaran berbasis android melalui MIT App Inventor pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (bab haji). (3) mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis android melalui MIT App Inventor (bab haji) dilihat dari proses. Tahapan pengembangan yang telah dilakukan di antaranya (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, dan (6) ujicoba produk.
Penelitian ini menghasilkan (1) aplikasi media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi haji. (2) Menguji kelayakan produk melalui penilaian, didasarkan pada kualitas media, kualitas materi, dan respon guru PAI. Validasi ahli materi diperoleh hasil 87,7% masuk kategori “sangat baik”, validasi ahli media diperoleh hasil 86,65% masuk kategori “sangat baik, validasi ahli pengajar/guru diperoleh hasil 86,0% masuk dalam kategori “sangat baik”. Dari hasil validasi ketiga ahli tersebut diperoleh persentase rata-rata yaitu 86,7%, masuk dalam kategori “sangat baik” dan media pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru. (3) Tingkat efektifitas dalam penelitian ini dilihat dari dua hal yakni, dari kelayakan media yang telah divalidasi oleh tiga ahli dan pengamatan proses pembelajaran pada saat uji coba media pembelajaran.
Dari tingkat kelayakan media termasuk kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran, sedangkan dari pengamatan sikap siswa pada saat pembelajaran siswa jadi lebih aktif dan tertarik mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Dosen Pembimbing: DARODJAT, DARODJAT | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Android, MIT App Inventor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:37
Last Modified: 03 Dec 2024 07:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item