ARNINGSIH, NESA PRASEPTYA (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 3 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf Download (632kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf Download (747kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
![]() |
Text
BAB IV_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf Download (626kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_NESA PRASEPTYA ARNINGSIH_PGSD'16.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kurang maksimalnya kerjasama dan prestasi belajar siswa melatar
belakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama
dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subyek penelitian ini adalah siswa
kelas IV SD Negeri 3 Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas yang
berjumlah 20 siswa. Jenis Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali
pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi
dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data
hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil
penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS) dapat meningkatkan kerjsamana siswa dan prestasi belajar IPS. Hasil
kerjasama siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 31,25 dengan
persentase 70% (14 siswa) menjadi 35,35 dengan persentase 90% (18 siswa).
Hasil prestasi belajar pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari nilai
rata-rata 65 dengan ketuntasan 60% menjadi 85% pada siklus II diperoleh nilai
rata-rata 73,5 dengan ketuntasan 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan
kerjasama dan prestasi belajar IPS di kelas IV Negeri 3 Pliken Kecamatan
Kembaran Kabupaten Banyumas.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, MM, M.Pd., dan Dhi Bramasta, S.Si, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama, Prestasi Belajar IPS, Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 03 Apr 2017 03:44 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 01:14 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |