ASTUTI, INDAH PUJI (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK MELALUI METODE MORNING ACTIVITYPADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 16 GRENDENG PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
INDAH PUJI ASTUTI_Cover.pdf Download (888kB) |
![]() |
Text
INDAH PUJI ASTUTI_BAB 1.pdf Download (696kB) |
![]() |
Text
INDAH PUJI ASTUTI_BAB 2.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
INDAH PUJI ASTUTI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
![]() |
Text
INDAH PUJI ASTUTI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
![]() |
Text
INDAH PUJI ASTUTI_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
![]() |
Text
INDAH PUJI ASTUTI_Daftar Pustaka.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
INDAH PUJI ASTUTI_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas untuk memecahkan
permasalah yang terjadi di kelas Tujuan penelitian adalah meningkatkan minat
dan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis melalui metode morning
activity pada kelompok A Semester 1 TK Aisyiyah 16 Grendeng Purwokerto
Utara Kabupaten Banyumas Tahun pelajaran 2019/2020
Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah: siswa siswi TK Aisyiyah 16
Grendeng Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Tahun pelajaran 2019/2020
pada kelompok A dengan jumlah subjek penelitian adalah 16 anak, jumlah lakilaki
5 dan perempuan 11 anak. Dalam penelitian dilakukan melalui dua siklus
dengan 3 pertemuan. Siklus 1 dilaksanakan tanggal 18,20,22 November 2019 dan
siklus 2 25,27,29 November 2019. Masing-masing siklus menempuh 4 tahap yaitu
tahap perencanaan, pelqksanaan, observasi, dan refleksi. Penliti dalam tahap
pengumpulan data melakukan dengan cara observasi dan analisis data yang
meliputi data kualitatif, kuantitatif dan diagram batang.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan metode morning activity
dapat meningkatkan minat membaca dan menulis dalam siklus 1 20% menajdi
30% disiklus 2 melalui metode morning activity dapat meningkatkan kemampuan
membaca dan menulis dengan pencapaian peningkatan disiklus 1 sebesar 30%
menjadi 60% disiklus 2.
Dari data diatas dapat disimpulkan dengan metode morning activity dan
pelatihan secara berulang dapat mendukung tercapainya pembelajaran yang sesuai
dengan harapan guru
Dosen Pembimbing: | HAPSARI, MELATI ISMI and DALIMAN, DALIMAN | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Uncontrolled Keywords: | minat, kemampuan, morning activity |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 06:31 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:00 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/12037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |