PAMBUDI, TRIO SOLEH (2020) STUDI KORELASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN MOTIVASI GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 4 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
TRIO SOLEH PAMBUDI_Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
TRIO SOLEH PAMBUDI_BAB 1.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text
TRIO SOLEH PAMBUDI_BAB 2.pdf Download (789kB) |
![]() |
Text
TRIO SOLEH PAMBUDI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
![]() |
Text
TRIO SOLEH PAMBUDI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) |
![]() |
Text
TRIO SOLEH PAMBUDI_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
![]() |
Text
TRIO SOLEH PAMBUDI_Daftar Pustaka.pdf Download (693kB) |
![]() |
Text
TRIO SOLEH PAMBUDI_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada korelasi antara kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan karakter islami siswa SMA N 4 Purwokerto. (2) apakah ada korelasi antara motivasi guru terhadap pembentukan karakter islami siswa SMA N 4 Purwokerto. (3) mengetahui adanya korelasi antara kompetensi kepribadian dan motivasi guru secara bersama sama terhadap pembentukan karakter islami siswa SMA N 4 Purwokerto.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 4 Purwokerto yang berjumlah 120 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 92 siswa dengan teknik purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan (1) ada korelasi yang signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap karakter islami siswa kelas XI IPS SMA N 4 Purwokerto, yaitu dengan perhitungan T hitung (6,549) > T tabel (1,986); 2) ada korelsi yang signifikan motivasi guru terhadap karakter islami siswa kelas XI IPS SMA N 4 Purwokerto, yaitu dengan perhitungan T hitung (4,327) > T tabel (1,986); (3) Nilai f tabel engan tingkat signifikan α = 5% dan Degrees of Freedom (df) sebesar 2;90 adalah 3,10. Hasil pengolahan data diketahui bahwa nilai f hitung sebesar 174,534 dan nilai f hitung tersebut lebih besar dari f tabel, sedangkan nilai sig.nya diketahui sebesar 0,000 dan nilai sig. tersebut dibawah 0,05 atau 5% (4) ada korelasi yang signifikan kompetensi kepribadian dan motivasi guru terhadap karakter islami siswa kelas XI IPS SMA N 4 Purwokerto yaitu 79,7%.
Dosen Pembimbing: | DARODJAT, DARODJAT | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian, Motivasi Guru, Karakter Islami |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 02:29 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:28 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11974 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |