Susilo, Septia Dwi Cahyo (2020) Pengaruh Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas XI DI SMA Negeri 3 Purwokerto. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
SEPTIA DWI CAHYO S_Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 1.pdf Download (707kB) |
![]() |
Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 2.pdf Download (789kB) |
![]() |
Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
![]() |
Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) |
![]() |
Text
SEPTIA DWI CAHYO S_Daftar Pustaka.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
SEPTIA DWI CAHYO S_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Purwokerto tahun 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokementasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan alat bantu SPSS versi 16.0. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI, terdapat populasi sebanyak 388 siswa, sedangkan sampelnya diambil secara acak/random sebanyak 10% dari populasi, yaitu 38,8 yang kemudian peneliti bulatkan menjadi 40 siswa kelas XI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) tidak ada korelasi terhadap keberhasilan belajar siswa kelas XI. Hal ini dibuktikan dari hasil uji korelasi yaitu dengan koefisien korelasi person sebesar 0,025 terletak pada interpretasi nilai “r” antara 0,00-0,20 dengan signifikansi 0,879 dan berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa rhitung<rtabel (0,025<0,320). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Hal tersebut menunjukkan tidak ada pengaruh Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Purwokerto Tahun Pelajaran 2019/2020.
Dosen Pembimbing: | MAKHFUL, MAKHFUL | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Keberhasilan Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 01:31 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:18 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |