Susilo, Septia Dwi Cahyo (2020) Pengaruh Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas XI DI SMA Negeri 3 Purwokerto. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of SEPTIA DWI CAHYO S_Cover.pdf] Text
SEPTIA DWI CAHYO S_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 1.pdf] Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 1.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 2.pdf] Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 2.pdf

Download (789kB)
[thumbnail of SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 3.pdf] Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[thumbnail of SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 4.pdf] Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 5.pdf] Text
SEPTIA DWI CAHYO S_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[thumbnail of SEPTIA DWI CAHYO S_Daftar Pustaka.pdf] Text
SEPTIA DWI CAHYO S_Daftar Pustaka.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of SEPTIA DWI CAHYO S_Lampiran.pdf] Text
SEPTIA DWI CAHYO S_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Purwokerto tahun 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokementasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan alat bantu SPSS versi 16.0. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI, terdapat populasi sebanyak 388 siswa, sedangkan sampelnya diambil secara acak/random sebanyak 10% dari populasi, yaitu 38,8 yang kemudian peneliti bulatkan menjadi 40 siswa kelas XI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) tidak ada korelasi terhadap keberhasilan belajar siswa kelas XI. Hal ini dibuktikan dari hasil uji korelasi yaitu dengan koefisien korelasi person sebesar 0,025 terletak pada interpretasi nilai “r” antara 0,00-0,20 dengan signifikansi 0,879 dan berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa rhitung<rtabel (0,025<0,320). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Hal tersebut menunjukkan tidak ada pengaruh Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Purwokerto Tahun Pelajaran 2019/2020.

Dosen Pembimbing: MAKHFUL, MAKHFUL | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Keberhasilan Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:31
Last Modified: 10 Mar 2025 07:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11964

Actions (login required)

View Item View Item