DEWI, DYAN ANITA FEBRIANA (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
DYAN ANITA FEBRIANA DEWI_Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DYAN ANITA FEBRIANA DEWI_BAB 1.pdf Download (747kB) |
![]() |
Text
DYAN ANITA FEBRIANA DEWI_BAB 2.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text
DYAN ANITA FEBRIANA DEWI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
![]() |
Text
DYAN ANITA FEBRIANA DEWI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
![]() |
Text
DYAN ANITA FEBRIANA DEWI_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
![]() |
Text
DYAN ANITA FEBRIANA DEWI_Daftar Pustaka.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
DYAN ANITA FEBRIANA DEWI_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum
2013 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah
Wanadadi Kabupaten Banjarnegara, kendala, serta upaya yang dilakukan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala
bagian kurikulum, dan guru PAI SMP Muhammadiyah Wanadadi. Metode
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013
terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah
Wanadadi dilakukan dengan tiga tahap yaitu: Tahap persiapan yang meliputi
sosialisasi, persiapan buku pembelajaran, adaptasi guru dengan seluruh
administrasi terkait kurikulum 2013, membuat perangkat pembelajaran dan
pengadaan proyektor. Tahap proses meliputi proses pembelajaran internal dan
eksternal. Tahap penilaian meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Kendala yang dihadap adalah adaptasi teknis, kurangnya sumber belajar,
kurangnya alokasi waktu, penyusunan RPP yang rumit, pelaksanaan dan
pengolahan hasil penilaian, sarana dan prasarana. Upaya yang dilakukan dengan
musyawarah, kreatif dalam pembelajaran, penyediaan sarana dan prasarana, sering
dilakukan sosialisasi, studi banding, evaluasi guru, dan pengecekan perangkat
pembelajaran.
Dosen Pembimbing: | SULAEMAN, SULAEMAN | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Uncontrolled Keywords: | implementasi kurikulum 2013, pembelajaran PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 02:33 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:32 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |