YANI, . (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP N 4 PURBALINGGA (Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (638kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (706kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (631kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan berpikir
kritis matematis siswa SMP N 4 Purbalingga ditinjau dari tipe kepribadian David
Keirsey pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IX C SMP N 4 Purbalingga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subjek
dalam penelitian ini menggunakan angket tipe kepribadian David Keirsey dengan
mengambil 2 siswa untuk tipe kepribadian guardian, artisan, rational dan
idealist. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data
reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Uji
validasi hasil yang digunakan adalah uji triangulasi teknik. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa untuk : (1)
siswa guardian mampu memberikan argumen dengan tepat, dapat menganalisis
argumen berdasarkan ketentuan secara lengkap serta dapat menilai dan
mengevaluasi argumen dengan memberikan penilaian dan penegasan argumen
secara benar, (2) siswa artisan mampu memberikan argumen secara tepat dengan
bantuan peneliti dan dapat menganalisis argumen berdasarkan ketentuan
terkadang kurang lengkap pada bagian ditanya serta dapat menilai dan
mengevaluasi dengan benar, (3) siswa rational mampu menjelaskan argumen
dengan benar dan dapat menganalisis argumen berdasarkan ketentuan namun
terkadang kurang lengkap pada bagian diketahui dan ditanya, (4) siswa idealist
mampu menganalisis argumen berdasarkan ketentuan secara lengkap.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si., |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Tipe Kepribadian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 00:26 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 00:26 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |