YANI, . (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP N 4 PURBALINGGA (Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (706kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan berpikir
kritis matematis siswa SMP N 4 Purbalingga ditinjau dari tipe kepribadian David
Keirsey pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IX C SMP N 4 Purbalingga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subjek
dalam penelitian ini menggunakan angket tipe kepribadian David Keirsey dengan
mengambil 2 siswa untuk tipe kepribadian guardian, artisan, rational dan
idealist. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data
reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Uji
validasi hasil yang digunakan adalah uji triangulasi teknik. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa untuk : (1)
siswa guardian mampu memberikan argumen dengan tepat, dapat menganalisis
argumen berdasarkan ketentuan secara lengkap serta dapat menilai dan
mengevaluasi argumen dengan memberikan penilaian dan penegasan argumen
secara benar, (2) siswa artisan mampu memberikan argumen secara tepat dengan
bantuan peneliti dan dapat menganalisis argumen berdasarkan ketentuan
terkadang kurang lengkap pada bagian ditanya serta dapat menilai dan
mengevaluasi dengan benar, (3) siswa rational mampu menjelaskan argumen
dengan benar dan dapat menganalisis argumen berdasarkan ketentuan namun
terkadang kurang lengkap pada bagian diketahui dan ditanya, (4) siswa idealist
mampu menganalisis argumen berdasarkan ketentuan secara lengkap.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Tipe Kepribadian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2017 00:26
Last Modified: 30 Mar 2017 00:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item