KUMALASARI, NUR FITRIA (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf Download (828kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf Download (752kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan prestasi belajar siswa pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Karangtengah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS materi peristiwa sekitar proklamasi melalui model Quantum Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri 03 Karangtengah dengan jumlah sebanyak 30 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan 3 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh untuk mengukur minat belajar siswa menggunakan angket yang diberikan setiap akhir siklus, sedangkan untuk mengetahui prestasi belajar siswa diketahui melalui hasil evaluasi berupa soal-soal yang dikerjakan pada setiap pertemuan. Adapun hasil dari siklus I diketahui: persentase minat belajar siswa sebesar 73,94% Persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 73,33% dengan rata-rata sebesar 70,2. Hasil pada siklus II menghasilkan data: persentase minat belajar siswa sebesar 83,55% dan persentase ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 86,66% dengan rata-rata 77,95. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VB SD Negeri 03 Karangtengah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Arifin Muslim, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | minat belajar prestasi belajar, model Quantum Learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 05:09 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 05:09 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |