UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR

KUMALASARI, NUR FITRIA (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] Text
BAB IV_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NUR FITRIA KUMALASARI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan prestasi belajar siswa pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Karangtengah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS materi peristiwa sekitar proklamasi melalui model Quantum Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri 03 Karangtengah dengan jumlah sebanyak 30 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan 3 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh untuk mengukur minat belajar siswa menggunakan angket yang diberikan setiap akhir siklus, sedangkan untuk mengetahui prestasi belajar siswa diketahui melalui hasil evaluasi berupa soal-soal yang dikerjakan pada setiap pertemuan. Adapun hasil dari siklus I diketahui: persentase minat belajar siswa sebesar 73,94% Persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 73,33% dengan rata-rata sebesar 70,2. Hasil pada siklus II menghasilkan data: persentase minat belajar siswa sebesar 83,55% dan persentase ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 86,66% dengan rata-rata 77,95. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VB SD Negeri 03 Karangtengah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: minat belajar prestasi belajar, model Quantum Learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 29 Mar 2017 05:09
Last Modified: 29 Mar 2017 05:09
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item