QONITIN, YUSRI NUR (2020) UPAYA PONDOK PESANTREN MODERN ZAM-ZAM MUHAMMADIYAH CILONGOK DALAM MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI KEBAHASAAN SANTRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of YUSRI NUR QONITIN COVER.pdf] Text
YUSRI NUR QONITIN COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of YUSRI NUR QONITIN BAB I.pdf] Text
YUSRI NUR QONITIN BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of YUSRI NUR QONITIN BAB II.pdf] Text
YUSRI NUR QONITIN BAB II.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of YUSRI NUR QONITIN BAB III.pdf] Text
YUSRI NUR QONITIN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of YUSRI NUR QONITIN BAB IV.pdf] Text
YUSRI NUR QONITIN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of YUSRI NUR QONITIN BAB V.pdf] Text
YUSRI NUR QONITIN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[thumbnail of YUSRI NUR QONITIN DAPUS.pdf] Text
YUSRI NUR QONITIN DAPUS.pdf

Download (910kB)
[thumbnail of YUSRI NUR QONITIN LAMPIRAN.pdf] Text
YUSRI NUR QONITIN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan komunikasi santri
dalam berbahasa Arab, berbahasa Inggris, dan berbahasa Indonesia di Pondok
Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Tahun Pelajaran
2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian
kualitatif yang di dalamnya mendeskripsikan mengenai pengembangan
komunikasi berbahasa Arab, berbahasa, Inggris, dan berbahasa Indonesia di
Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok. Metode
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan
analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan komunikasi berbahasa
Arab, Inggris, dan Indonesia di lingkungan sekolah maupun di lingkungan pondok
pesantren berjalan dengan baik, adanya upaya pengembangan komunikasi
berbahasa yang di dalam upaya tersebut terdapat langkah-langkah pembelajaran,
metode pembelajaran, media/alat dalam pembelajaran, dan aplikasi/penerapan
pembelajaran yang diterapkan oleh ustadz dan ustadzah.
Upaya pondok pesantren berperan besar dalam mengembangkan
komunikasi berbahasa santri, tentunya dengan banyaknya program yang diadakan
para ustadz dan ustadzah yang membuat santri dapat menguasai tiga bahasa
dengan baik, meskipun terdapat beberapa santri yang masih melanggar ketentuan
berbahasa yang telah diatur oleh bagian bahasa pondok. Kemahiran santri dalam
berbahasa Arab khususnya juga dapat mempermudah santri dalammenerima
pembelajaran Agama Islam yang penjelasan maupun materinya menggunakan
Bahasa Arab.
Faktor pendukung santri dalam mengembangkan komunikasi tiga bahasa
ini adalah faktor lingkungan pondok pesantren, dengan adanya kewajiban
berbahasa 24 jam yang dapat membuat santri lebih banyak mengamalkan kosakata
baru yang dapat santri susun menjadi kalimat percakapan dengan santri lainya.

Dosen Pembimbing: Sulaeman, A | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Upaya Pondok Pesantren Modern, Komuniksi Kebahasaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 02 Jun 2022 05:54
Last Modified: 23 Dec 2024 02:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11769

Actions (login required)

View Item View Item