SETIAWAN, EKA (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PURBALINGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of EKA SETIAWAN COVER.pdf] Text
EKA SETIAWAN COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of EKA SETIAWAN BAB I.pdf] Text
EKA SETIAWAN BAB I.pdf

Download (988kB)
[thumbnail of EKA SETIAWAN BAB II.pdf] Text
EKA SETIAWAN BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of EKA SETIAWAN BAB III.pdf] Text
EKA SETIAWAN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[thumbnail of EKA SETIAWAN BAB IV.pdf] Text
EKA SETIAWAN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of EKA SETIAWAN BAB V.pdf] Text
EKA SETIAWAN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[thumbnail of EKA SETIAWAN DAPUS.pdf] Text
EKA SETIAWAN DAPUS.pdf

Download (990kB)
[thumbnail of EKA SETIAWAN LAMPIRAN.pdf] Text
EKA SETIAWAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan mekanisme penerapan strategi pembelajaran kontekstual mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 5 Purbalingga; 2) untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan penerapan strategi pembelajaran kontekstual mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 5 Purbalingga.
.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan(field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti merujuk pada model analisis yang di kembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Purbalingga sudah diterapkan meskipun masih mengalami beberapa hambatan atau kendala seperti: kurangnya kesiapan guru dan siswa serta keterbatasan media pembelajaran serta terbatasnya waktu pembelajaran.

Dosen Pembimbing: Hasan, Ibnu | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran Kontekstual, PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 31 May 2022 01:52
Last Modified: 05 Feb 2025 06:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item