PURBA, NOVA ANDRIAN (2019) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of NOVA ANDRIAN PURBA COVER.pdf] Text
NOVA ANDRIAN PURBA COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of NOVA ANDRIAN PURBA BAB I.pdf] Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of NOVA ANDRIAN PURBA BAB II.pdf] Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of NOVA ANDRIAN PURBA BAB III.pdf] Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of NOVA ANDRIAN PURBA BAB IV.pdf] Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of NOVA ANDRIAN PURBA BAB V.pdf] Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[thumbnail of NOVA ANDRIAN PURBA DAPUS.pdf] Text
NOVA ANDRIAN PURBA DAPUS.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of NOVA ANDRIAN PURBA LAMPIRAN.pdf] Text
NOVA ANDRIAN PURBA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43MB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Purwokerto bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model CTL terhadap literasi sains siswa pada materi ekosistem. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Mei Tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang hasilnya diperoleh sampel siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan rancangan penelitian posttest-only control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi. Tes tertulis digunakan untuk mengukur aspek konten dan aspek konteks literasi sains, sedangkan observasi digunakan untuk mengukur aspek proses literasi sains. Analisis data menggunakan uji t, uji F, dan uji korelasi eta. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model CTL terhadap literasi sains siswa dalam kategori sedang dengan nilai korelasi 0,659. Pengaruh model CTL terhadap masing-masing aspek literasi sains memiliki hasil yang berbeda-beda. Pengaruh model CTL terhadap aspek proses dalam kategori kuat dengan nilai korelasi 0,765. Jika dihitung berdasarkan indikator lembar observasi proses, pengaruh model CTL terhadap aspek proses dalam kategori sedang dengan nilai korelasi 0,537. Pengaruh model CTL terhadap aspek konten dalam kategori sedang dengan nilai koefisien korelasi 0,567, dan terhadap aspek konteks dalam kategori sangat rendah dengan nilai korelasi 0,160. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model CTL berpengaruh terhadap literasi sains siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 3 Purwokerto.

Dosen Pembimbing: Nofiana, Mufida and Julianto, Teguh | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Literasi Sains, Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 30 May 2022 03:22
Last Modified: 17 Dec 2024 03:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11717

Actions (login required)

View Item View Item