PURBA, NOVA ANDRIAN (2019) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
NOVA ANDRIAN PURBA COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
NOVA ANDRIAN PURBA BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
![]() |
Text
NOVA ANDRIAN PURBA DAPUS.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
NOVA ANDRIAN PURBA LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (43MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Purwokerto bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model CTL terhadap literasi sains siswa pada materi ekosistem. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Mei Tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang hasilnya diperoleh sampel siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan rancangan penelitian posttest-only control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi. Tes tertulis digunakan untuk mengukur aspek konten dan aspek konteks literasi sains, sedangkan observasi digunakan untuk mengukur aspek proses literasi sains. Analisis data menggunakan uji t, uji F, dan uji korelasi eta. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model CTL terhadap literasi sains siswa dalam kategori sedang dengan nilai korelasi 0,659. Pengaruh model CTL terhadap masing-masing aspek literasi sains memiliki hasil yang berbeda-beda. Pengaruh model CTL terhadap aspek proses dalam kategori kuat dengan nilai korelasi 0,765. Jika dihitung berdasarkan indikator lembar observasi proses, pengaruh model CTL terhadap aspek proses dalam kategori sedang dengan nilai korelasi 0,537. Pengaruh model CTL terhadap aspek konten dalam kategori sedang dengan nilai koefisien korelasi 0,567, dan terhadap aspek konteks dalam kategori sangat rendah dengan nilai korelasi 0,160. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model CTL berpengaruh terhadap literasi sains siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 3 Purwokerto.
Dosen Pembimbing: | Nofiana, Mufida and Julianto, Teguh | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Uncontrolled Keywords: | Model CTL, Literasi Sains, Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 30 May 2022 03:22 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 03:31 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |