SETIAWAN, TIAR ARIF (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU SUB TEMA INDAHNYA PENINGGALAN SEJARAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS 4 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (688kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar kelas 4 SD Negeri 4 Teluk, melatar belakangi
penelitian PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
tema indahnya Negeriku dan sub tema indahnya peninggalan sejarah. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 30 yang terdiri dari
21 perempuan dan 9 laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan
saintifik dengan model pembelajaran Discovery Learning dalam
pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi/pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
hasil penilaian dari observasi guru dan siswa yang mengalami peningkatan .
Kriteria yang didapatkan dari observasi guru siklus I yaitu 55% dan siklus II
yaitu 81,7%, observasi aktivitas siswa diperoleh prosentase siklus I adalah
66,9% dan meningkat di siklus ke II yaitu 83,2%, sedangkan penilaian dari
hasil belajar yang diambil dari 3 aspek yaitu penilaian kognitif siswa pada
siklus I yang diperoleh nilai rata-rata 71,4 dengan ketuntasan belajar yang
dicapai adalah 56%, sedangkan di siklus ke II dengan nilai rata-rata 81,6 dan
ketuntasan belajar yang didapatkan adalah 83%. Penilaian afektif siswa
diproleh peningkatan dari siklus I presentase yang didapatkan adalah 64%
dan siklus II adalah 86,4%. Penilaian psikomotor siswa siklus I adalah
65,3%, dan siklus II adalah 86,2%. Pengumpulan data melalui lembar
penilaian observasi guru dan observasi aktivitas siswa dan lembar soal
evaluasi siswa, menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan
saintifik dengan model pembelajaran Discovery Leraning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya Negeriku dan sub tema
indahnya peninggalan sejarah.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM. M. Pd., dan Cicih Wiarsih, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Model Discovery Learning Upaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 03:50
Last Modified: 05 Feb 2025 07:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item