RODIYAH,, SITI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH DI KELAS V SD N 1 KARANGBAWANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (600kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (726kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (592kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) Sikap Kerjasama Siswa
kelas V SD Negeri 1 Karangbawang setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, 2) Prestasi belajar siswa kelas V SD N
1 Karangbawang setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali
pertemuan. PTK ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Inkuiri
Terbimbing. Teknik pengumpulan data untuk sikap kerjasama menggunakan
angket sikap kerjasama dan untuk prestasi belajar menggunakan tes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sikap kerjasama siswa dengan menggunakan
model pembelajaran Inkuiri Terbimbing mengalami peningkatan. Jumlah skor
rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I yaitu 3,1 dengan kriteria cukup, siklus
II diperoleh jumlah skor rata-rata kelas yaitu 3,85 dengan kriteria baik. Penerapan
model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa. Hal ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 76,32 dengan
ketuntasan belajar 75%, siklus II diperoleh rata-rata nilai 82,26 dengan ketuntasan
belajar 87,5% sehingga diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa sebesar
12,5%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Arifin Muslim, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Sikap Kerjasama, Prestasi Belajar, dan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 03:24 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:16 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |