NURSETIAAJI,, SEPTIAN (2017) ANALISIS MAKNA KONTEKSTUAL DAN PROSES SEMIOSIS TANDA PADA SLOGAN IKLAN MINUMAN ENERGI DI LAMAN YOUTUBE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Makna Kontekstual dan Proses Semiosis
Tanda pada Slogan Iklan Minuman Energi di Laman Youtube”. Tujuan dari
penelitian ini untuk menemukan makna kontekstual dan proses semiosis tanda yang
terdapat dalam wacana slogan iklan minuman energi di laman Youtube. Data dalam
penelitian ini adalah slogan yang terdapat Iklan minuman energi Ena „ O, Extra Joss,
Hemaviton, Kuku Bima Ener-G, Kratingdaeng, M-150, Neo Hormoviton, Panther,
Power F dan di laman Youtube. Data yang berhasil diperoleh sebanyak 41 slogan
minuman energi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian
ini terdiri atas tiga tahap yaitu tahap penyediaan data, tahap analisis data dan tahap
penyajian hasil analisis data. Penyediaan data dilakukan dengan metode simak dan
teknik catat. Tahap penganalisisan data menggunakan metode padan dengan teknik
dasar, Pilah Unsur Penentu (PUP) dan menggunakan metode padan lanjutan yaitu
teknik Hubung Banding Menyamakan (HBS). Tahap hasil penyajian analisis data
dalam penelitian ini menggunakan metode informal, yaitu perumusan dengan katakata
walaupun dengan terminologi yang sifatnya teknis.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) semua wacana
slogan iklan minuman energi yang terdapat dalam laman Youtube mempunyai makna
kontekstual. (2) semua wacana slogan iklan minuman energi yang terdapat dalam
laman Youtube mengalami proses semiosis tanda.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Kuntoro, M. Hum dan Dra. Siti Fathonah, M. Hum
Uncontrolled Keywords: slogan, bahasa, dan makna
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2017 01:51
Last Modified: 26 Nov 2024 06:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item