PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN BERTANYA DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SD NEGERI 2 TLAHAB KIDUL

APANDINI, CINDERA RAFA (2020) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN BERTANYA DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SD NEGERI 2 TLAHAB KIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
CINDERA RAFA APANDINI_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CINDERA RAFA APANDINI_BAB 1.pdf

Download (717kB)
[img] Text
CINDERA RAFA APANDINI_BAB 2.pdf

Download (838kB)
[img] Text
CINDERA RAFA APANDINI_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] Text
CINDERA RAFA APANDINI_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
CINDERA RAFA APANDINI_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
CINDERA RAFA APANDINI_Daftar Pustaka.pdf

Download (762kB)
[img] Text
CINDERA RAFA APANDINI_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keberanian bertanya dan prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Obyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Tlahab Kidul yang berjumlah 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi keberanian bertanya, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, serta tes. Hasil penelitian menunjukan strategi pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan keberanian bertanya dan prestasi belajar peserta didik pada tema 7. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil observasi keberanian bertanya peserta didik dari siklus I ke siklus II. Siklus I memperoleh rata-rata sebesar 62%. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata sebesar 77%. Prestasi belajar peserta didik dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata dan presentase ketuntasan evaluasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan IPS dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata bahasa Indonesia pada siklus I yaitu 73,89 dengan presentase 69,35%. Pada siklus II rata-rata prestasi belajar peserta didik meningkat 78,97 dengan presentase 83,87%. Pada mata pelajaran IPS nilai rata-rata pada siklus I yaitu 74,21 dengan presentase 66,13% menunjukan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata prestasi belajar peserta didik meningkat 80,97 dengan presentase 80,65% menunjukan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: The Learning Cell, Keberanian Bertanya, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 12 May 2022 06:32
Last Modified: 12 May 2022 06:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/11547

Actions (login required)

View Item View Item