ARSRIAN, PRASASDYA DIPA (2017) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 CANDINATA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (513kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (615kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri prestasi belajar siswa
kelas V SD Negeri 2 Candinata melalui penerapan model pembelajaran Team Pair
Share dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 2 Candinata yang berjumlah 32 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh
selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa: hasil
peningkatan percaya diri siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor 3,60 dengan
kriteria baik, pada siklus II meningkat memperoleh jumlah skor 4,30 dengan
kriteria sangat baik. Hasil analisis data prestasi belajar siswa pada nilai ulangan
tengah semester masih rendah karena di bawah KKM 65 yaitu rata-rata kelas
mencapai nilai 60,5 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau
18,75%, pada tindakan siklus I Nilai Indikator Angket Percaya Diri cukup berhasil
untuk meningkatkan prestasi belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata
kelas mencapai 61,1 dengan jumlah siswa tuntas belajar 11 siswa atau 66,7 %
namun presentasi ketuntasan ketuntasan belajar belum mencapai indikator
keberhasilan 80%. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata
kelas menjadi 74,06 dengan jumlah siswa tuntas belajar 27 atau 84,37 %,
ketuntasan belajar telah mencapai indikator keberhasilan 80%. Dengan demikian
dapat dikatakan bahwa prestasi belajar siswa pada siklus II sudah memenuhi
target. Dapat disimpulksn bahwa ada peningkatan percaya diri dan prestasi belajar
siswa terhadap mata pelajaran IPS siswa kelas V SD negeri 2 Candinata melalui
model pembelajaran Think Pair Share.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, MM., M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd., MA., |
Uncontrolled Keywords: | percaya diri, prestasi belajar, model Think Pair Share |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 06:58 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 01:30 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |