NUROHMAH, NUROHMAH (2017) PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DI KELAS IV SD NEGERI 1 JATISABA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS
materi Keragaman suku bangsa dan budaya serta meningkatkan percaya diri. Model
pembelajaran Gallery Walk.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1
Jatisaba sebayak 17 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus.
Setiap Siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi
perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar
soal evaluasi, lembar observasi guru,lembar observasi siswa, dan lembar skala sikap
percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil bahwa model
pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi keragaman
suku bangsa dan budaya di SD Negeri 1 Jatisaba. Hal ini ditunjukan pada siklus 1
diperoleh rata-rata 65,53 %. masuk dalam kriteria baik. Sedangkan siklus II diperoleh
rata-rata 76,77 % masuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan peningkatan percaya diri
ditunjukan pada siklus 1 diperoleh percaya diri sebesar 36,76 % dengan kriteria
baik.Sedangkan siklus II diperoleh percaya diri 43,64 % dengan kriteria sangat baik.
Keragaman suku bangsa dan budaya dalam pembelajaran IPS SD sangatlah penting agar
siswa dapat menerapkan ilmu yang didapatkan selama dalam pembelajaran.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd dan Aji Heru Muslim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Percaya Diri, IPS, Gallery Walk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2017 06:49
Last Modified: 26 Nov 2024 02:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item