KUSUMANINGRUM, NONI DWI (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KEDUNGBANTENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (824kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis
dan sikap disiplin siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan
model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction),
penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification / conclusion drawing).
Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII . Subjek
penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, siswa
dikelompokan ke dalam tiga kategori, yaitu siswa dengan kategori belajar tinggi,
sedang dan rendah. Masing-masing kelompok dipilih tiga siswa untuk keperluan
penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket,
tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan
bahwa siswa prestasi belajar tinggi menguasai semua indikator kemampuan
penalaran matematis. Sikap disiplin dari taat terhadap tata tertib sekolah, taat
terhadap kegiatan belajar di sekolah, taat dalam mengerjakan tugas-tugas
pelajaran, siswa prestasi sedang menguasai indikator kemampuan penalaran
matematis sebatas mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan
memeriksa kesahihan argumen. Sikap disiplin hanya sebatas taat terhadap tata
tertib sekolah dan taat terhadap kegiatan belajar di sekolah, sedangkan siswa
prestasi rendah memiliki kemampuan penalaran matematis mampu melakukan
manipulasi matematika. Sikap disiplin hanya sebatas taat terhadap tata tertib
sekolah.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si, dan Chumaedi Sugihandardji, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran matematis, sikap disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2017 03:37
Last Modified: 01 Nov 2024 02:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item