FAUZI, MAHFUD (2017) PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (601kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (739kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (593kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) secara umum masih terjadi
hambatan dalam menanamkan konsep matematika kepada siswa. Pembelajaran
menuntut keterampilan guru dalam menyampaikan konsep matematika dengan
cara atau metode yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa sehingga
hasil prestasi belajar siswa akan bagus. Permasalahan pembelajaran matematika
ditemukan di SD Negeri 1 Kedungwuluh yaitu prestasi belajar siswa masih rendah
dan siswa belum dapat bekerjasama dengan baik. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan
prestasi belajar siswa mata pelajaran Matematika materi bangun datar melalui
pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) . Subyek penelitian
adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat,
Kabupaten Banyumas sebanyak 32 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14
siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap
siklus terdiri 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil
penelitian, kerjasama siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 3,46 dengan kriteria
baik dan siklus II diperoleh rata-rata 3,89 dengan kriteria baik. Hasil prestasi
belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 77,60 dengan persentase ketuntasan
62,50% dengan kriteria cukup dan siklus II diperoleh rata-rata 82,50 dengan
persentase ketuntasan 87,50% dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut
menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game
Tournament (TGT) dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa
kelas IV SD Negeri 1 Kedungwuluh pada mata pelajaran matematika materi
bangun datar.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Arifin Muslim, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama, Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 02:07 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 02:56 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |