SARI, LINDA RIANA (2017) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS IV SDN 04 TEGALKAMULYAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (641kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (705kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (586kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap tanggung jawab
siswa dan prestasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran ilmu
pengetahuan sosial. Untuk itu tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap
tanggung jawab siswa dan prsetasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui
strategi examples non examples. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah
kelas IV SDN 04 Tegalkamulyan, dengan siswa yang berjumlah 43 siswa yang
terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan
dalam pengumpulan data menggunakan tes, angket skala sikap tanggung jawab,
lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator dalam
penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 60 dan ketuntasan
secara klasikal 81%. Hasil penelitian menunjukkan strategi examples non
examplesdapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa pada mata pelajaran
IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Hal
ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata setiap indikator dari siklus I ke
siklus II. Pada siklus I ketuntasan secara klasikal adalah 72% dengan kriteria baik
dan pada siklus II ketuntasan secara klasikal adalah 90% dengan krteria sangat
baik. Strategi examples non examples juga dapat meningkatkan prestasi belajar
IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Hal
tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata evaluasi siswa
siklus I pertemuan 1 ke siklus I pertemuan 2 dan terjadi peningkatan pada siklus II
pertemuan 1 ke siklus II pertemuan 2. Nilai rata-rata siklus I pertemuan 1 adalah
62,5 dengan ketuntasan klasikal 58,1% dengan kriteria cukup baik. Pada siklus I
pertemuan 2 nilai rata-rata yaitu 65,8 dengan ketuntasan klasikal 62,7% dengan
kriteria baik. Dan terjadi peningkatan pada siklus II pertemuan 1 adalah 73,4
dengan ketuntasan klasikal 74,4% dengan kriteria baik. Pada siklus II pertemuan 2
nilai rata-rata yaitu 75,5 dengan ketuntasan klasikal 83,7% dengan kriteria sangat
baik.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D. dan Dr. Ana Andriani, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Sikap Tanggungg Jawab, Prestasi Belajar, Strategi Examples Non Examples, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 01:59 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:20 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |