WAHYUNI, YUYUN (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADAMARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf Download (755kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
BAB V_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf Download (617kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 2 Padamara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan kedalam tiga kelompok berdasarkan data nilai UTS genap tahun ajaran 20015/2016 yaitu siswa yang berprestasi tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan: Siswa dengan prestasi tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik pada materi sistem persamaan linear dua variabel, terbukti siswa mampu menguasai 5 indikator dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang ada yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. Siswa dengan prestasi sedang dan rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup baik pada materi sistem persamaan linear dua variabel, terbukti siswa mampu menguasai 4 indikator dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang ada yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep dan menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd., dan Fitrianto Eko S, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 00:34 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 00:34 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |