ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADAMARA

WAHYUNI, YUYUN (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADAMARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB IV_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_YUYUN WAHYUNI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 2 Padamara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan kedalam tiga kelompok berdasarkan data nilai UTS genap tahun ajaran 20015/2016 yaitu siswa yang berprestasi tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan: Siswa dengan prestasi tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik pada materi sistem persamaan linear dua variabel, terbukti siswa mampu menguasai 5 indikator dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang ada yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. Siswa dengan prestasi sedang dan rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup baik pada materi sistem persamaan linear dua variabel, terbukti siswa mampu menguasai 4 indikator dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang ada yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep dan menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd., dan Fitrianto Eko S, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Mar 2017 00:34
Last Modified: 22 Mar 2017 00:34
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item