HADIYANTI, INDAH DWI (2017) UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KECERDASAN INTERPERSONALSISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION(AIR) (Studi Kasus SMP Bhakti Praja Pangkah). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (898kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis
dan kecerdasan interpersonal siswa kelas VIIIA SMP Bhakti Praja Pangkah melalui
pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Auditory Intellctually Repetition
(AIR).Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3
siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan
data menggunakan pengamatan aktivitas guru, pengamatan aktivitas siswa, tes
evaluasi, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh kemampuan
berpikir kreatif pada siklus I dengan skor berpikir lancar 51,7, berpikir luwes 58,
berpikir orisinil 54 dan berpikir elaboratif 60, sehingga diperoleh rata-rata kelas
kemampuan berpikir kreatif 56. Selain itu, pada siklus III dengan skor berpikir lancar
70, berpikir luwes 80,7, berpikir orisinil 71 dan berpikir elaboratif 65 sehingga
diperoleh nilai rata-rata sebesar 71 dan pada kecerdasan interpersonal mengalami
peningkatan dari siklus I nilai rata-rata yang menunjukkan persentase 51% dengan
kriteria sedang, siklus II memiliki rata-rata dengan persentase 61% dengan kriteria
sedang dan siklus III memiliki nilai rata-rata menunjukkan persentase 76% dengan
kriteria tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa melalui pembelajaran berbasis
masalah dengan strategi Auditory Intellectually Repetition (AIR) terbukti dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kecerdasan interpersonal
pada siswa kelas VIIIA SMP Bhakti Praja Pangkah pada mata pelajaran Sistem
Persamaan Linear DuaVariabel (SPLDV).

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, S.Si, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah,strategi Auditory Intellectually Repetition (AIR), kemampuan berpikir kreatif, dan kecerdasan interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2017 00:34
Last Modified: 06 Aug 2024 04:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item