PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV SD NEGERI LEDUG

ANGGITA, YUNIA VINDI (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV SD NEGERI LEDUG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (976kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar dalam proses pembelajaran khususnya Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kondisi awal bahan ajar pada kelas IV SD Negeri Ledug masih terbatas. 2) Mengetahui pengembangan LKPD menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran matematika. 3) mengetahui penilaian guru terhadap LKPD menggunakan model discovery learning dalam pelaksanaan proses pembelajaran matematika. 4) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD menggunakan model Discovery Learning yang digunakan dalam proses pembelajaram matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan langkah-langkah 4D menurut Thiagarajan, Semmel, and Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Pendefinisian, desain, pengembangan, penyebaran dan uji coba produk menggunakan tahapan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik test dan non test. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ledug. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator terhadap bahan ajar adalah 3,6 memiliki kriteria baik. Respon guru terhadap bahan ajar adalah 4,3 memiliki kriteria baik.Respon peserta didik terhadap bahan ajar adalah 93,3 dengan kriteria setuju. Pengembangan LKPD materi Pengukuran Sudut menggunakan model Discovery learning di kelas IV SD Negeri Ledug dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar matematika, yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Discovery Learning, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:55
Last Modified: 17 Mar 2022 03:55
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/11068

Actions (login required)

View Item View Item