PRATIWI, DWIANI NUR FATMA (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY DAN EKSPERIMEN DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (868kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi
belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA materi tanah di kelas V Sekolah
Dasar Negeri I Mrebet. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan selama dua minggu dengan rencana pelaksanaan dua
siklus, dalam satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes dan nontes, berupa tes individu, angket, observasi dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rasa ingin tahu dan
prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan prestasi
belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Penelitian pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata 65,57 dengan prosentasen ketuntasan sebesar 62% dan pada
siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,57 dengan prosentase belajar sebesar 90%. Hasil
angket rasa ingin tahu siswa menunjukan bahwa ada peningkatan rata-rata skor
rasa ingin tahu siswa dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I rata-rata rasa
ingin tahu siswa mencapai 2,55, dengan baik dan meningkat pada siklus II
mencapai 3,31 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari
penelitian ini adalah bahwa penerapa metode pembelajaran outdoor study dan
eksperimen dengan memanfaatkan lingkungan dalam pembelajaran dapat
meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa materi tanah kelas V SD
Negeri I Mrebet.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si dan Okto Wijayanti, S.Pd.,M.A
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Metode Outdoor Study, Eksperimen dan Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2017 04:09
Last Modified: 11 Dec 2024 01:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item