RAHAYU, DWI SRI (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI BERMAIN DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI PANGEBATAN UPK KARANG LEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (587kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (662kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (578kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Sikap percaya diri dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap
percaya diri dan keterampilan berbicara siswa, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
menggunakan strategi bermain drama di kelas IV SD Negeri Pangebatan UPK
Karanglewas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
menggunakan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan yang masingmasing
siklus mengguakan 4 tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan , observasi , dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD
Negeri Pangebatan UPK Karanglewas yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 20
siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data menggunakan tes dan non tes untuk kinerja siswa dan guru,
sedangkan untuk sikap percaya diri siswa menggunakan wawancara dan angket. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya pada
siklus I memperoleh 60,21 dengan ketuntasan belajar siswa menjadi 52,50%,
mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh 75% dengan ketuntasan siswa
menjadi 88,12%. Sikap percaya diri siswa juga mengalami peningkatan ketika siklus
I siswa masih banyak yang belum berani maju ke depan ketika di siklus II siswa
mulai berebut untuk maju ke depan kelas. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa penggunaan strategi pembelajaran bermain drama dapat meningkatkan sikap
percaya diri dan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
di kelas IV SD Negeri Pangebatan UPK Karanglewas.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Cicih Wiarsih, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Sikap Percaya Diri, Keterampilan Berbicara, Bermain Drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 04:00 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:47 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |