RAHAYU, DWI SRI (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI BERMAIN DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI PANGEBATAN UPK KARANG LEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Sikap percaya diri dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap
percaya diri dan keterampilan berbicara siswa, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
menggunakan strategi bermain drama di kelas IV SD Negeri Pangebatan UPK
Karanglewas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
menggunakan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan yang masingmasing
siklus mengguakan 4 tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan , observasi , dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD
Negeri Pangebatan UPK Karanglewas yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 20
siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data menggunakan tes dan non tes untuk kinerja siswa dan guru,
sedangkan untuk sikap percaya diri siswa menggunakan wawancara dan angket. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya pada
siklus I memperoleh 60,21 dengan ketuntasan belajar siswa menjadi 52,50%,
mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh 75% dengan ketuntasan siswa
menjadi 88,12%. Sikap percaya diri siswa juga mengalami peningkatan ketika siklus
I siswa masih banyak yang belum berani maju ke depan ketika di siklus II siswa
mulai berebut untuk maju ke depan kelas. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa penggunaan strategi pembelajaran bermain drama dapat meningkatkan sikap
percaya diri dan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
di kelas IV SD Negeri Pangebatan UPK Karanglewas.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Percaya Diri, Keterampilan Berbicara, Bermain Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2017 04:00
Last Modified: 23 Dec 2024 02:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item