EFEKTIVITAS WOUND BOOK DIABETIC ULCER DAN DRESSING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PERAWATAN LUKA MODERN PADA MAHASISWA NERS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

ALPARIANI, DEA (2021) EFEKTIVITAS WOUND BOOK DIABETIC ULCER DAN DRESSING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PERAWATAN LUKA MODERN PADA MAHASISWA NERS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dea Alpariani COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dea Alpariani BAB I.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dea Alpariani BAB II.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
Dea Alpariani BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text
Dea Alpariani BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
Dea Alpariani BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img]
Preview
Text
Dea Alpariani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text
Dea Alpariani LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Perawatan luka telah mengalami perkembangan sangat pesat terutama dalam dua dekade terakhir, ditunjang dengan kemajuan teknologi kesehatan. Di samping itu, isu terkini manajemen perawatan luka berkaitan dengan perubahan profil pasien yang makin sering disertai dengan kondisi penyakit degeneratif dan kelainan metabolik. Kondisi tersebut biasanya memerlukan perawatan yang tepat agar proses penyembuhan bisa optimal seperti luka diabetes melitus. Berdasarkan permasalahan tersebut Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan suatu inovasi yang dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari tentang perawatan luka modern dressing dalam buku yang berjudul “WOUND BOOK” yaitu suatu inovasi dalam bentuk buku untuk mempelajari tentang manajemen luka diabetes yang tepat dan benar, terapi-terapi yang dapat mempercepat penyembuhan luka diabetes dan perawatan luka diabetes dengan modern dressing. Tujuan : Penilitian ini untuk menganalisis Efektivitas Wound Book Diabetic Ulcer dan Dressing Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perawatan Luka Modern pada Mahasiswa Ners Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian menggunakan metode kuantitatif. rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan desain one group pretest-postest. Uji yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah penelitian menggunakan rumus uji paired sample t test dengan jumlah responden 30 mahasiswa ners. Hasil : hasil uji expert menunjukan media dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4,64 sedangkan hasil uji expert materi dalam kategori ini “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4,60. hasil penelitian diatas bahwa nilai rata-rata pengetahuan responden sebelum diberikan media wound book sebesar 65.00 ± 12.03 dan sesudah diberikan media wound book meningkat menjadi 88.17 ± 7.007. hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji paired sample t test diperoleh nilai significancy sebesar 0,000 (p value <0,005).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING: Ns. Meida Laely Ramdani, S.Kep.,MNS.
Uncontrolled Keywords: Katakunci : wound book, luka diabetes, pengetahuan.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:28
Last Modified: 21 May 2024 07:12
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/10617

Actions (login required)

View Item View Item