SUMIRAT, DENI (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIK MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 RAWALO (Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitik
matematis kelas VIII SMP Negeri 2 Rawalo ditinjau dari tipe kepribadian David
Keirsey. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengambil
tiga responden untuk setiap masing-masing tipe kepribadian, yaitu: siswa tipe
kepribadian guardian, siswa tipe kepribadian artisan, siswa tipe kepribadian
rational dan siswa tipe kepribadian idealist. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah angket untuk menggolongkan tipe kepribadian, tes
kemampuan berpikir analitik matematis, dan pedoman wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Uji validasi hasil yang digunakan adalah uji triangulasi teknik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : 1) Siswa tipe kepribadian guardian dan artisan
mampu berpikir analitik matematis pada dua proses analitik, yaitu membedakan
dan mengorganisasikan. 2) Siswa tipe kepribadian rational memiliki kemampuan
berpikir analitik matematis pada setiap proses analitik, yaitu membedakan,
mengorganisasikan, dan menghubungkan. 3) Siswa tipe kepribadian idealist
mampu berpikir analitik matematis pada satu proses analitik, yaitu membedakan.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Jazuli, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir analitik matematis, tipe kepribadian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:41
Last Modified: 21 Mar 2017 01:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item