PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ALGA COKELAT (Padina sp.) TERHADAP KADAR HEMATOKRIT, LEUKOKRIT, SUPEROKSIDA ANION, DAN AGLUTINASI DENGAN BAKTERI PADA IKAN PATIN SIAM (Pangasius hypophthalamus)

Anggraeni, Eka Nur (2017) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ALGA COKELAT (Padina sp.) TERHADAP KADAR HEMATOKRIT, LEUKOKRIT, SUPEROKSIDA ANION, DAN AGLUTINASI DENGAN BAKTERI PADA IKAN PATIN SIAM (Pangasius hypophthalamus). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Eka Nur Anggraeni Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eka Nur Anggraeni BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eka Nur Anggraeni BAB II.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
Eka Nur Anggraeni BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
Eka Nur Anggraeni BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
Eka Nur Anggraeni BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img]
Preview
Text
Eka Nur Anggraeni Dapus.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
Eka Nur Anggraeni Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Subsektor perikanan memegang peran penting dalam menyediakan protein hewani bagi masyarakat Indonesia. Departemen Kelautan dan Perikanan FAO (Food Agriculture Organization), menempatkan ikan patin di urutan ketiga setelah udang dan salmon. Budidaya ikan patin (P. hypophtalmus) terus dikembangkan dengan teknik dan cara yang berbeda, selain itu dalam budidaya yang bersifat komersial akan menggunakan pengolahan secara intensif, dengan tingkat kepadatan yang tinggi. Hal ini sering kali mengalami resiko, salah satunya adalah timbulnya penyakit. Pengendalian penyakit pada ikan biasanya dilakukan dengan antibiotik sintetik. Penggunaan antibiotik sintetik secara terus-menerus akan menyebabkan munculnya bakteri atau patogen, yang resisten terhadap bahan antibiotik tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit tersebut adalah dengan pemberian imunostimulan. Bahan alami yang dapat digunakan sebagai immunostimulan adalah alga cokelat (Padina sp.). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan ekstrak alga cokelat (Padina sp.) pada pakan untuk meningkatkan kadar hematokrit, leukokrit, superoksida anion, dan aglutinasi dengan bakteri pada ikan patin (P.hypophtalmus) dan untuk mengetahui dosis ekstrak alga cokelat yang optimal dalam meningkatkan kadar hematokrit, leukokrit, superoksida anion, dan aglutinasi dengan bakteri pada ikan patin (P.hypophtalmus). Penelitian ini di dilaksanakan di laboratorium Zoologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan dosis ekstrak yang berbeda yaitu, P0: pemberian pakan tanpa diberi ekstrak Padina sp., P1: pemberian pakan+ekstrak Padina sp. 2000 mg/kg pakan, P2: pemberian pakan+ekstrak Padina sp. 4000 mg/kg pakan, dan P3: pemberian pakan+ekstrak Padina sp. 6000 mg/kg pakan. Parameter utama yang diamati yaitu hematokrit, leukokrit, superoksida anion, dan aglutinasi serta parameter pendukung yang di amati yaitu parameter kualitas air, meliputi oksigen terlarut, suhu, dan pH. Analisis data menggunakan Analisis of Varians (ANOVA) dengan tingkat kepercayaan 95%, apabila menunjukkan perbedaan yang nyata dilakukan uji lanjut Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan tingkat kepercayaan 95%. Data kualitas air dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak alga cokelat (Padina sp.) pada pakan berpengaruh nyata terhadap hematokrit, leukokrit, superoksida anion, dan aglutinasi. Dosis yang optimal untuk meningkatkan respons imun non spesifik ikan patin (P. pangasius) yaitu 4000-6000 mg/kg pakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Imunostimulan, alga cokelat (Padina sp.), ikan patin siam (Pangasius hypophtalmus), respons imun non spesifik
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 24 Sep 2021 00:54
Last Modified: 24 Sep 2021 00:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10457

Actions (login required)

View Item View Item