ARTANTI, ARI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI KARANGANYAR PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2017-2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[thumbnail of ARI ARTANTI_COVER.pdf]
Preview
Text
ARI ARTANTI_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ARI ARTANTI_BAB I.pdf]
Preview
Text
ARI ARTANTI_BAB I.pdf

Download (699kB) | Preview
[thumbnail of ARI ARTANTI_BAB II.pdf]
Preview
Text
ARI ARTANTI_BAB II.pdf

Download (853kB) | Preview
[thumbnail of ARI ARTANTI_BAB III.pdf] Text
ARI ARTANTI_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[thumbnail of ARI ARTANTI_BAB IV.pdf] Text
ARI ARTANTI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[thumbnail of ARI ARTANTI_BAB V.pdf] Text
ARI ARTANTI_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[thumbnail of ARI ARTANTI_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
ARI ARTANTI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (689kB) | Preview
[thumbnail of ARI ARTANTI_LAMPIRAN.pdf] Text
ARI ARTANTI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 karanganyar Purbalingga Tahun Ajaran 2017/2018 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanganyar melalui model pembelajaran window shopping.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017, pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII D semester gasal tahun ajaran 2017-2018, bertempat di SMP Negeri 1 Karanganyar. Data dalam penelitian adalah karangan siswa atau hasil menulis teks prosedur siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2017-2018. Sumber data pada penelitian iniadalah siswa. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2017-2018 hal ini dapat dibuktikan proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada aspek hasil belajar siswa yang tidak tuntas pada siklus I adalah 30 orang dari 36 orang siswa yang hadir. Sedangkan pada siklus II, seluruh sisa mengalami ketuntasan. Pada siklus I perolehan rata-rata nilai hasil belajar hanya mencapai 68,75 dengan nilai tertinggi 87,5 dan nilai terendah 56,25. Siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 orang atau 16,7 % sedangkan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 30 orang atau 83,3 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata perolehan nilai hasil belajar adalah 86,46. Nilai tertinggi yang diperoleh 100 dan nilai terendah 75 melewati nilai batas KKM yaitu 70 yang sudah ditentukan oleh guru Bahasa Indonesia. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran window shopping dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Karanganyar Purbalingga tahun ajaran 2017/2018.

Dosen Pembimbing: Praptani, Isnaeni and Fathonah, Siti | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Teks Prosedur, Window Shopping, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Amri Hariri
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:41
Last Modified: 12 Jun 2024 01:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item