MIFTAHURRAHMI, ROFIFAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP KOMUNIKATIF SISWA KELAS V MELALUI PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK DIBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BOLA PANTAI PADA MATA PELAJARAN IPA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
ROFIFAH MIFTAHURRAHMI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ROFIFAH MIFTAHURRAHMI BAB I.pdf Download (980kB) | Preview |
|
|
Text
ROFIFAH MIFTAHURRAHMI BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
ROFIFAH MIFTAHURRAHMI BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
ROFIFAH MIFTAHURRAHMI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
ROFIFAH MIFTAHURRAHMI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
|
|
Text
ROFIFAH MIFTAHURRAHMI DAPUS.pdf Download (933kB) | Preview |
|
![]() |
Text
ROFIFAH MIFTAHURRAHMI LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. PTK ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) Prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan pengajaran terbalik dibantu media pembelajaran bola pantai, 2) Sikap komunikatif siswa kelas V SD Negeri 02 Pandak setelah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan pengajaran terbalik dibantu media pembelajaran bola pantai. Penelitian ini mengunakan pendekatan pendekatan pengajaran terbalik dibantu media pembelajaran bola pantai. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pengajaran terbalik dibantu media pembelajaran bola pantai dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Jumlah skor rata-rata kelas pada siklus I yaitu 60.54 dengan kriteria cukup baik, siklus II diperoleh jomlah skor rata-rata kelas yaitu 85 dengan kriteria baik. Sikap komunikatif siswa dapat dikatakan meningkat dari siklus I sampai siklus II. Jumlah skor pada siklus pertama yaitu 27,12 dengan kriteria cukup baik, siklus II diperoleh skor 88 dengan kriteria Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan pengajaran terbalik dibantu media pembelajaran bola pantai dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap komunikatif siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam di SD Negeri 02 Pandak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Sikap Komunikatif Siswa, Pengajaran Terbalik, Bola Pantai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 01:23 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 01:23 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/10268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |