RANI, ARUM PUSPITA (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRUNER DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (901kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa menjadi latar
belakang masalah dalam penelitian ini. Untuk mengatasi hal ini, peneliti
melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki
dan meningkatkan keprofesionalan guru dalam menangani proses belajar di
dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Pasir Wetan untuk
meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar matematika materi geometri
melalui penerapan model pembelajaran Bruner. Dalam penelitian ini, jumlah
siswa keseluruhan kelas IV SD Negeri Pasir Wetan yaitu 37 siswa, yang terdiri
dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas yang
akan dilaksanakan yaitu melalui 2 siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II,
dimana masing-masing siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Pelaksanaan dari
setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dari lembar evaluasi belajar siswa,
lembar angket rasa ingin tahu siswa, dan lembar observasi aktivitas guru dan
siswa. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Pasir
Wetan melalui penerapan model pembelajaran Bruner dapat meningkatkan rasa
ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa. Peningkatan rasa ingin tahu siswa ini
dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I yaitu 2,83 dengan kriteria
baik dan perolehan rata-rata pada siklus II yaitu 3,29 dengan kriteria sangat baik.
Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa dapat dibuktikan dengan perolehan
nilai rata-rata pada siklus I yaitu 70,2 dengan presentase 67,56% dan perolehan
nilai rata-rata pada siklus II yaitu 83,24 dengan presentase 86,48%. Penelitian
tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Pasir Wetan, dapat
disimpulkan bahwa rasa ingin tahu dan prestasi belajar matematika materi
geometri dapat meningkat melalui model pembelajaran Bruner.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sony Irianto, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Bruner
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:22
Last Modified: 02 Jan 2025 02:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item