SEPTIAWAN, ANDIK (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS
masih rendah. Permasalahan ini tercermin ketika terdapat siswa yang masih
terlihat bermalas-malasan dan siswa yang bercerita dengan teman sebangkunya
pada saat guru menyampaikan materi pelajaran. Berdasarkan permasalahan
tersebut maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas
IV. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua
pertemuan. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Kalisari
Cilongok yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa
perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik data menggunakan teknik tes dan non
tes. Teknik tes dengan evaluasi dan non tes dengan observasi, wawancara, dan
angket. Hasil prestasi belajar siswa diperoleh dari evaluasi, peningkatan rasa
tanggung jawab menggunakan lembar angket dan data aktivitas guru dan siswa
diperoleh dari lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, rasa tanggung
jawab siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,84 dengan kriteria baik dan siklus
II diperoleh rata-rata 2,96 dengan kriteria baik. Hasil prestasi belajar siswa pada
siklus I diperoleh rata-rata 75,83 dengan persentase ketuntasan 56,67 % dengan
kriteria kurang dan siklus II diperoleh rata-rata 84,5 dengan persentase ketuntasan
80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan
pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan rasa
tangung jawab dan prestasi belajar siswa materi teknologi produksi, komunikasi
dan transportasi di kelas IV SD Negeri Kalisari.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M. Pd, dan Dr. Sriyanto, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Rasa Tanggung Jawab, Prestasi belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:10
Last Modified: 04 Feb 2025 06:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item