MUSPITA, PESA (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI BERCERITA DENGAN MEDIA KONKRIT PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATFHAL DESA LUMBIR KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
PESA M. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
PESA M. BAB I.pdf Download (697kB) | Preview |
Preview |
Text
PESA M. BAB II.pdf Download (735kB) | Preview |
![]() |
Text
PESA M. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
![]() |
Text
PESA M. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
PESA M. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
Preview |
Text
PESA M. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (690kB) | Preview |
![]() |
Text
PESA M. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dengan Meningkatkan kemampuan bahasa melalui bercerita dengan media
konkrit, peneliti bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa melalui bercerita
dengan media konkrit di kelompok B TK Aisyiyah BA Lumbir Kecamatan
Lumbir Kabuptaen Banyumas Tahun Ajaran 2019/2020. Jumlah anak dalam
penelitian ini 38 anak yaitu terdiri dari 22 anak laki-laki dan 16 anak prempuan.
Penelitian dilakasanakan pada 2 siklus,setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan
metode yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam
menganalisa data menggunakan metode analisis data deskriptif kuantitatif dan
kualitatif.
Berdasarakan hasil penilitan yang dilakukan dengan 2 siklus pada
penelitian tindakan kelas, maka pada kondisi awal kemampuan berbahasa melalui
bercerita dengan media konkrit anak masih rendah yaitu 9 (24%) anak belum
berkembang, 20 (53%) anak mulai berkembang, dan 9 (24%) berkembang sesuai
harapan. Setelah dilakukan tindakan penelitian tindak kelas (PTK) pada siklus I
sudah terlihat ada peningkatan yaitu mencapai 3 (8%) anak belum berkembang,
17 (45%) anak mulia berkembang, 16 (42%) anak berkembang sesuai harapan, 2
(5%) anak berkembang sangat baik, hasil ini belum maksimal maka dilanjut pada
siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan adanya keberhasilan
penelitian telah mencapai target perkembangan yang telah ditentukan, belum
berkembang ada 2 (5%) anak, mulai berkembang 2 (5%) anak, berkembang sesuai
harapan 29 (77%) anak, dan berkembang sangat baik 5 (13%) anak.
Maka hasil kesimpulan peneliti anak yang mendapat BSH ada 29 anak
sebanyak 77% dan mendapat nilai BSB 5 anak sebanyak 13%.Total keberhasilan
90% sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil.
Dosen Pembimbing: | Hapsari, Melati Ismi and Daliman, - | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bahasa; Bercerita; Media Konkrit; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 01:11 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:44 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |