ASTUTI, PUJI (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. D4 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Puji Astuti_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Puji Astuti_BAB I.pdf Download (547kB) | Preview |
Preview |
Text
Puji Astuti_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
Puji Astuti_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
![]() |
Text
Puji Astuti_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Puji Astuti_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
Preview |
Text
Puji Astuti_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (594kB) | Preview |
![]() |
Text
Puji Astuti_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap kreativitas peserta didik kelas IX SMPN 2 Kemranjen Banyumas tahun pelajaran 2019/2020, (2) Pengaruh pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek peserta didik kelas IX SMPN 2 Kemranjen Banyumas tahun pelajaran 2019/2020. (3) Pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap kreativitas atau kemampuan menulis teks cerita pendek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi semua peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kemranjen tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 62 dengan sampel 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah tes. Berdasarkan analisis data penilaian kreativitas yang dilakukan dengan uji t berdistribusi normal dan homogen dengan diperoleh nilai t pretes kelompok eksperimen sebesar 0,000 dan kontrol sebesar 0,10 dengan pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Sedangkan untuk penilaian kemampuan menulis teks cerita pendek diperoleh nilai t pretes kelas eksperimen sebesar 0.000 dan kontrol sebesar 0,000 dengan taraf kesalahan 0,05 (5%). Hasil postes menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji independen untuk perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap kreativitas atau kemampuan menulis teks ceita pendek pada kelas eksperimen adalah 0,13 dan kemampuan menulis teks cerita pendek 0,26. Dengan demikian hasil uji t menunjukan bahwa Media Pembelajaran berbasis android lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek dibandikan dengan kreativitas pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kemranjen Banyumas tahun pelajaran 2019/2020.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (D4) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Furqanul Aziez, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android; Kreativitas; Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 03:41 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:15 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |