AMEILIA, MIRA (2020) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PROMPTING PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SDN KARANGSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Mira Ameilia_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Mira Ameilia_BAB I.pdf Download (699kB) | Preview |
Preview |
Text
Mira Ameilia_BAB II.pdf Download (800kB) | Preview |
![]() |
Text
Mira Ameilia_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
![]() |
Text
Mira Ameilia_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Mira Ameilia_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
Preview |
Text
Mira Ameilia_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (689kB) | Preview |
![]() |
Text
Mira Ameilia_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya sikap percaya diri dan prestasi belajar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi
belajar siswa melalui teknik pembelajaran Probing Prompting. Penelitian tindakan
kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Karangsari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten
Banyumas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus, masingmasing
siklus terdiri dar 2 (dua) pertemuan. Subyek penelitian tindakan kelas ini
adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan
dan 13 siswa laki-laki. Alat pengumpulan data menggunakan lembar aktivitas guru,
lembar aktivitas siswa,lembar observasi sikap percaya diri, lembar angket dan tes
evaluasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan sikap percaya diri siswa
yang diperoleh dari hasil observasi yaitu 80,5% dengan kriteria baik sedangkan yang
diperoleh dari hasil angket secara klasikal yaitu 3,26% dengan kriteria sangat baik.
Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan PPKn 83,3% dengan
kriteria baik dan pada pelajaran Bahasa Indonesia yaitu sebesar 80,95% dengan
kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan teknik
pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan
prestasi belajar siswa tema 1 Indahnya Kebersamaan kelas IV SDN Karangsari,
Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Aji Heru Muslim, S.Pd., M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Sikap Percaya Diri; Prestasi Belajar; Teknik Pembelajaran Probing Prompting |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 01:59 |
Last Modified: | 22 May 2024 03:35 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |