AMEILIA, MIRA (2020) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PROMPTING PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SDN KARANGSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Mira Ameilia_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Mira Ameilia_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Mira Ameilia_BAB I.pdf]
Preview
Text
Mira Ameilia_BAB I.pdf

Download (699kB) | Preview
[thumbnail of Mira Ameilia_BAB II.pdf]
Preview
Text
Mira Ameilia_BAB II.pdf

Download (800kB) | Preview
[thumbnail of Mira Ameilia_BAB III.pdf] Text
Mira Ameilia_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[thumbnail of Mira Ameilia_BAB IV.pdf] Text
Mira Ameilia_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Mira Ameilia_BAB V.pdf] Text
Mira Ameilia_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of Mira Ameilia_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Mira Ameilia_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (689kB) | Preview
[thumbnail of Mira Ameilia_LAMPIRAN.pdf] Text
Mira Ameilia_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya sikap percaya diri dan prestasi belajar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi
belajar siswa melalui teknik pembelajaran Probing Prompting. Penelitian tindakan
kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Karangsari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten
Banyumas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus, masingmasing
siklus terdiri dar 2 (dua) pertemuan. Subyek penelitian tindakan kelas ini
adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan
dan 13 siswa laki-laki. Alat pengumpulan data menggunakan lembar aktivitas guru,
lembar aktivitas siswa,lembar observasi sikap percaya diri, lembar angket dan tes
evaluasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan sikap percaya diri siswa
yang diperoleh dari hasil observasi yaitu 80,5% dengan kriteria baik sedangkan yang
diperoleh dari hasil angket secara klasikal yaitu 3,26% dengan kriteria sangat baik.
Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan PPKn 83,3% dengan
kriteria baik dan pada pelajaran Bahasa Indonesia yaitu sebesar 80,95% dengan
kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan teknik
pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan
prestasi belajar siswa tema 1 Indahnya Kebersamaan kelas IV SDN Karangsari,
Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Aji Heru Muslim, S.Pd., M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.
Uncontrolled Keywords: Sikap Percaya Diri; Prestasi Belajar; Teknik Pembelajaran Probing Prompting
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 14 Sep 2020 01:59
Last Modified: 22 May 2024 03:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item