AZIS, FITRIAN RAHMAT NUR (2020) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS VI DI SD NEGERI AJIBARANG WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Fitrian Rahmat Nur Azis_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Fitrian Rahmat Nur Azis_BAB I.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
Fitrian Rahmat Nur Azis_BAB II.pdf Download (853kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Fitrian Rahmat Nur Azis_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
|
![]() |
Text
Fitrian Rahmat Nur Azis_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Fitrian Rahmat Nur Azis_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
|
|
Text
Fitrian Rahmat Nur Azis_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (717kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Fitrian Rahmat Nur Azis_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah siswa berprestasi kelas VI yang berjumlah 3 siswa, guru kelas VI, dan orang tua siswa berprestasi. Siswa berprestasi yang dimaksud merupakan siswa yang selalu meraih prestasi akademik di posisi 3 besar tiap tahunnya. Selain itu, pernah memenangkan beberapa lomba akademik, sebagai contoh OSN Matematika dan LCC PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi yang menunjukkan karakter visual di antaranya siswa memiliki tulisan yang rapi dan teratur. Siswa membubuhi beberapa gambar untuk lebih memahami materi dalam catatan. Selain itu siswa sangat antusias jika pembelajaran terdapat gambar karena lebih mudah dipahami. Siswa juga sangat reaktif terhadap suara. Kelemahan siswa di antaranya tidak mampu melakukan dialog secara langsung dengan baik, oleh karena itu tidak dapat mengikuti diskusi dengan baik. Gaya belajar siswa berprestasi yang menunjukkan karakter auditorial di antaranya siswa lebih suka dibacakan materi oleh guru dibanding membaca materi sendiri. Selain itu, di antara siswa berprestasi selalu menggerakkan bibir saat membaca materi. Sementara itu, gaya belajar siswa berprestasi yang menunjukkan karakter kinestetik yakni siswa aktif mengikuti pembelajaran praktik di kelas. Selain itu, salah satu siswa selalu berbicara dengan posisi dekat dengan lawan bicara. Hal ini berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa bertanya dengan mendekat kepada guru.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar; Siswa Berprestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 04:16 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 04:16 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/10067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |