WIBOWO, ABI FEBRIAN TOLISTIYO (2020) PEMBINAAN ANAK USIA DINI DI PONDOK PESANTREN IMAM SYAFI’I BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Abi Febrian Tolistiyo Wibowo_JUDUL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Abi Febrian Tolistiyo Wibowo_BAB I.pdf Download (702kB) | Preview |
Preview |
Text
Abi Febrian Tolistiyo Wibowo_BAB II.pdf Download (873kB) | Preview |
![]() |
Text
Abi Febrian Tolistiyo Wibowo_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
![]() |
Text
Abi Febrian Tolistiyo Wibowo_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
![]() |
Text
Abi Febrian Tolistiyo Wibowo_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
Preview |
Text
Abi Febrian Tolistiyo Wibowo_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (755kB) | Preview |
![]() |
Text
Abi Febrian Tolistiyo Wibowo_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan pendidikan Islam pada anak usia dini di Pondok Pesantren Imam Syafi’i Brebes.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researh) Subjek peneltian ini adalah Kepala Sekolah dan guru yang berjumlah 2 orang.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, data display, verifikasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pendidikan Islam di Pondok Pesantren Imam Syafi’i Brebes meliputi, privat iqro, tahfidz, sholat dhuha, kegiatan pembukaan, dzikir pagi, snack time, pemberian materi, fun class, dzikir sore. Faktor pendukung pendidikan Islam 1) tenaga pendidik yang profesional, 2) Sarana dan Prasarana yang lengkap, 3) aktifnya pendidik menjalin kerja sama dengan orang tua didik. Faktor penghambat pendidikan Islam antara lain 1) Suasana hati anak didik yang tidak sedang bersemangat, 2) Adanya anak yang hyperaktif yang membutuhkan energi lebih untuk bisa mengkondisikan, 3) Daya tahan anak didik untuk fokus dalam pembelajaran berbeda-beda, 4) Pendidik orang tua di dalam rumah yang kurang optimal, 5) tabiat anak didik yang masih memiliki ego yang tinggi. Pendidikan Islam di Pondok Pesantern Imam Syafi’i Brebes dilaksanakan dengan menggunakan 6 (enam) metode yang saling melengkapi; yaitu metode keteladan, metode pembiasaan, metode reward, metode berkisah, metode pemahaman, metode karyawisata. Hasil dari pembinaan antara lain 1)anak memiliki aqidah yang kuat, pemahaman agama yang benar, dan akhlak yang baik, 2) anak memiliki kemampuan menghafal juz ke 30, 3) anak mampu memahami fiqih, bahasa arab, dan shiroh.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Zakiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren; Anak Usia Dini; Pembinaan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 01:22 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 01:22 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |